Kamis, 28 Agustus 2014

HATI

hati....
guru imtaq smp saya pernah bilang kalo hati itu hal paling penting di kehidupan manusia. dulu, saya ga percaya. saya lebih setuju kalau otak yang paling penting di kehidupan manusia. menurut saya, semua organ dikendalikan dengan otak. berfikir dengan otak. apapun dengan otak..

namun dengan seiring berjalannya waktu, saya sadar bahwa hatilah yang paling penting dikehidupan kita. mungkin saat anda melihat seseorang butuh pertolongan, otak anda memberi 2 pilihan. menolongnya, atau tidak. saat "hati" anda berbicara. anda akan menolongnya. mengapa? karena otak hanya memberi pilihan, namun pilihan terbaik hanya akan anda dapat saat anda menggunakan hati anda. carilah variabel-variabel dari otak anda, dan pilih dengan hati anda..

hati. hati itu termasuk sebuah misteri yang saya pelajari belakangan ini. saya belajar bahwa seorang yang tak pernah merasakan perihnya sakit hati, maka mereka tak akan tau bagaimana caranya menjaga hati seseorang. karena orang yang tersakiti, tau persis bagaimana dia disakiti. yah, gitudeh.

tiap orang pasti mampu menolong sesama, entah dengan materi ataupun fisik. namun seperti yang saya tulis diatas. "saat hati anda berbicara. anda akan menolongnya." pertanyaannya adalah, tergerakkah hati anda untuk menolong? akankah anda turun dari angkutan hanya sekedar untuk membangunkan pengendara motor yang jatuh? akankah anda membantu seorang nenek tua turun dari bus kota? akankah anda mendorong mobil yang mogok? akankah anda membantu seorang tunawisma menyebrang jalan? akankah anda mengalah tempat duduk dengan kakek tua saat di kereta? akankah anda rela memberikan tempat duduk bis anda saat anda melihat seorang ibu hamil? akankah hati anda memberikannya? akankah hati anda tergerak untuk menolong orang lain meskipun diri anda tersakiti? 

mungkin anda yang berlebih materi, yang selalu dimanja orang tua. akan memandang semua masalah itu ringan. selalu bersikap acuh terhadap orang lain. karena anda tak pernah merasakan rasanya hidup dalam kekurangan. yang anda lakukan adalah minta, minta, minta.. selalu minta! tak ada usaha untuk mendapat apa yang anda inginkan. dengan demikian, hati anda akan terlatih untuk bergantung pada orang lain. 

di film 300, sebelum menjadi raja. sang pemuda dilepas dialam liar. mengapa demikian? supaya ia mengerti bagaimana sulitnya kehidupan, bagaimana bertahan dalam kesendirian, bagaimana ia mengalami kesengsaraan ditiap malamnya. dan saat ia kembali dan diangkat menjadi raja, ia tak akan membiarkan rakyatnya miskin.. karena ia tau rasanya menjadi orang yang tak punya.

jadi semakin anda merasakan masalah-masalah dikehidupan anda, hati anda akan semakin kuat. tiap kejadian didunia ini pasti memiliki alasan. bukan serta merta terjadi begitu saja. percayalah bahwa semua yang terjadi adalah kebaikan untuk anda.

di akhir post, saya akan memberikan sebuah kata-kata. saya pernah membacanya, namun lupa detailnya seperti apa. intinya seperti ini :
"SAYA MENOLONG BUKAN KARENA SAYA ORANG YANG MEMILIKI, NAMUN SAYA MENGERTI BAGAIMANA RASANYA MENJADI ORANG TAK PUNYA."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar