Minggu, 17 Agustus 2014

kepedulian..

assalamualaikum wr. wb.

"tak perlu menjelaskan tentang dirimu pada siapapun. karena yang menyukaimu tidak membutuhkannya. dan yang membencimu tidak akan mempercayainya." - ali bin abi thalib

dari katakatanya ali, saya jadi tertarik buat ngepost kepedulian orang terhadap sesama. rada ga nyambung sih, tapi gapapa lah..

selama saya hidup, ada sebuah misteri yang belom bisa saya jawab sampe sekarang. semakin anda peduli kepada seseorang, semakin orang itu bosan dengan kepedulian anda, kenapa? mungkin diawal anda peduli kepadanya, dia akan peduli kembali. namun apakah kepedulian itu akan selalu ada selamanya?
orang yang bisa 'dengan bangga' saya katakan sebagai "teman baik". yang selalu ada..
teman yang selalu bilang "udah, pake motor gue aja. nih kuncinya." "dimane lo? bosen nih gue. cabut lah kemane yok." "besok sma A pensi nih, dateng ga lo? dateng aje sini ama gue."
orang yang peduli.. orang yang setia dengerin cerita anda, kepedihan anda..
orang yang ga pernah bosen dengerin cerita hidup anda, orang yang satu tujuan dengan anda.
orang yang "TAK PERNAH LELAH" mempedulikan anda. yang selalu ada.

mungkin saya sudah mendapatkan, teman sejati.. mungkin saja
tapi siapa yang tau apakah mereka yang saya anggap teman sejati atau bahkan saya anggap saudara sendiri. peduli terhadap saya?
yah, entahlah. saya tidak terlalu memikirkan orang lain peduli terhadap saya atau tidak. saya hanya berusaha untuk berlaku baik kepada sesama. dibalas ataupun tidak, yang terpenting saya sudah berusaha untuk menjadi baik..

mungkin orang-orang mendefinisikan kata orang "baik" dengan arti : pintar, mudah bergaul, suka memberi, tidak berkata kotor, rajin ibadah, selalu peringkat 1, ikut ekskul rohis.
namun pandangan saya berbeda, menurut saya orang baik itu.. ORANG YANG PEDULI
peduli akan kehidupannya, masa depanya, orang disekitarnya, perasaannya...
lebih baik berteman dengan si perokok, si bajingan, si pemalas, si jelek. asal mereka peduli, mereka care terhadap kehidupan anda. maka mereka tak akan berbuat jahat kepada anda
daripada berteman dengan si pintar, si tampan, si rajin, si rupawan. tapi mereka egois. hanya memikirkan kepentingannya sendiri. YANG HANYA INGIN BERTEMAN DENGAN ORANG-ORANG PINTAR LAINNYA, DAN TAK PEDULI DENGAN SI BODOH. 

the point is, jangan selalu mandang orang dari penampilan luar. sebelum menilai seseorang, kenal lah dia lebih jauh lagi.

karena orang jahat itu, ga selamanya jahat. dan orang baik itu, ga selamanya baik.
maksudnya adalah. sejahat-jahatnya manusia, apabila ia menemukan "seseorang yang tepat" maka ia akan berubah menjadi orang paling baik kepada anda. anda yang menjadi pelengkap hidupnya. yang menjadi alasan mengapa ia tersenyum dengan ikhlas, yang menyejukkan hatinya.

namun sebaik-baiknya manusia, apabila ia menemukan "pengganggu kehidupannya". maka ia akan menjadi orang paling jahat kepada anda. anda yang selalu membuatnya risih, anda yang selalu menghinanya, anda yang membuat pandangan orang jelek terhadapnya. jangan harap kebaikan yang ia miliki, ia curahkan kepada anda. hanya kebencian yang akan anda terima darinya..

berlaku baiklah kepada sesama. meskipun mereka yang menerima kebaikan anda, tidak berlaku baik kepada anda. bersabarlah. karena sesungguhnya kesabaran itu tak ada batasnya.
percayalah bahwa Allah akan memberi balasan yang terbaik, balasan kepada anda yang berlaku baik kepada sama. Allah pasti akan memberikan manusia-manusia yang anda butuhkan di kehidupan anda. orang-orang yang selalu membuat anda tersenyum. 
mungkin anda belum menemukannya? bersabarlah, dan percaya bahwa Allah peduli kepada anda. atau anda sudah menemukannya, namun belum menyadarinya? Wallahualam. yang paling tau kehidupan anda, ya cuma anda. namun yang tau apa yang terbaik untuk anda hanya Allah SWT.

saya akhiri post ini dengan kata-kata..
"karena terkadang, yang kamu benci belum tentu buruk. pun yang kamu suka belum tentu baik" - @psikologiID

wassalamualaikum wr. wb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar