Senin, 03 November 2014

suatu hari nanti.

yap, judul yang tepat buat suasana hati saya sekarang. "suatu hari nanti."
diawal post kali ini, pengen deh nanya buat kalian para bloggers-bloggers. apakah kalian punya pacar? atau jomblo? ataauu mungkin single kali ya. whatever status kalian, saya cuma pengen anda tau bahwa yang namanya pacaran, itu useless. saya ga pernah suka sama yang namanya pacaran, ya walaupun saya pernah sekali dan itupun dulu pas masa-masa smp saya. yaa masa-masa labil lah.
mungkin bagi anda yang telah memiliki pasangan, mungkin anda berfikir ialah jodoh anda, atau mungkin anda berfikir "kalo ga ada dia, gua bisa apa." atau apalah, hal hal romantis yg sering "kalian" para taken bilang pada pasangan anda.
dan, mungkin suatu hari nanti anda akan menemukan seseorang yang benar-benar anda cintai, anda sayangi. seseorang yang menjadi alasan mengapa anda berubah menjadi manusia yang lebih baik. seseorang yang menjadi alasan mengapa anda meninggalkan hal-hal negatif dibelakang anda. orang yang menjadi alasan mengapa anda tersenyum, bersedih, tertawa, menangis, gembira, ataupun murung. orang yang berpengaruh terhadap kehidupan anda. orang yang selalu datang dikala malam menjelang. orang yang muncul dikepala anda saat anda sendiri. orang yang senyumnya menyejukkan hati anda. orang yang kehadirannya membuat mood anda bagus. orang yang membuat anda tak berhenti tersenyum saat ia membalas pesan anda. orang yang anda relakan waktu anda demi menunggunya pulang, HANYA UNTUK SEKEDAR MELIHATNYA DARI JAUH. dari jauh. DARI JAUH.

mungkin, suatu hari nanti anda akan menemukan seseorang yang bahkan 'menyatakan cinta' anda kepadanya pun sulit. karena suatu hari nanti anda akan menemukan orang yang anda sayangi, bahkan kata-kata pun tak bisa menggambarkan betapa anda menyayangi orang tersebut. bahkan "aku sayang kamu" itu hanya secercah kecil dari perasaan anda kepadanya.

namun apabila suatu hari nanti orang itu tidak menerima anda, megacuhkan anda, tidak menghargai anda, bahkan menghindar dari anda. perhatian anda hanya makin membuat ia risih dengan anda. atau mungkin ia makin tak peduli dengan anda karena ia tau anda memendam rasa kepadanya. atau mungkin sudah ada orang lain dihatinya..

tak terbayangkan bagaimana rasa sakitnya saat anda tau bahwa usaha anda selama ini hanya siasia. kecemasan anda hanya menjadi omong kosong baginya. kepedulian anda hanya menjadi bualan sampah baginya. semua perhatian anda diacuhkan oleh dia. dia yang selalu ada dipikiran anda, dia yang selalu terselip di doa-doa anda, dia yang mewarnai hari-hari anda, yang menemani mimpi indah anda.........

memang cinta anda sulit untuk dinyatakan. tapi cobalah nyatakan, apabila ia menolak cinta anda ya biarlah. toh apabila anda benar menyanginya. melihatnya bahagia sudah cukup bagi anda.

nb : buat kamu, aku udah nemuin loh orang itu ^^ orang itu kamu. hehe tapi gapapa kok kalau kamu ga nerima perasaan aku. mungkin aku belom cukup baik buat kamu. gapapa kok aku ngeliat kamu sama orang lain, orang yang lebih baik dari aku. aku seneng kok liat kamu seneng ^^. harus terus senyum ya!! soalnya senyum kamu tuh alasan aku bahagia. dan aku yakin, suatu hari nanti aku bakal jadi orang baik kayak kamu. dan apabila suatu hari nanti kamu dikecewain sama dia, aku bakal ada kok buat kamu. sebagai temen cerita atau sahabat kamu. karena sampai suatu hari nanti, perasaan aku ke kamu ga akan berubah. ga akan. aku sayang sama kamu, ダ

Kamis, 28 Agustus 2014

HATI

hati....
guru imtaq smp saya pernah bilang kalo hati itu hal paling penting di kehidupan manusia. dulu, saya ga percaya. saya lebih setuju kalau otak yang paling penting di kehidupan manusia. menurut saya, semua organ dikendalikan dengan otak. berfikir dengan otak. apapun dengan otak..

namun dengan seiring berjalannya waktu, saya sadar bahwa hatilah yang paling penting dikehidupan kita. mungkin saat anda melihat seseorang butuh pertolongan, otak anda memberi 2 pilihan. menolongnya, atau tidak. saat "hati" anda berbicara. anda akan menolongnya. mengapa? karena otak hanya memberi pilihan, namun pilihan terbaik hanya akan anda dapat saat anda menggunakan hati anda. carilah variabel-variabel dari otak anda, dan pilih dengan hati anda..

hati. hati itu termasuk sebuah misteri yang saya pelajari belakangan ini. saya belajar bahwa seorang yang tak pernah merasakan perihnya sakit hati, maka mereka tak akan tau bagaimana caranya menjaga hati seseorang. karena orang yang tersakiti, tau persis bagaimana dia disakiti. yah, gitudeh.

tiap orang pasti mampu menolong sesama, entah dengan materi ataupun fisik. namun seperti yang saya tulis diatas. "saat hati anda berbicara. anda akan menolongnya." pertanyaannya adalah, tergerakkah hati anda untuk menolong? akankah anda turun dari angkutan hanya sekedar untuk membangunkan pengendara motor yang jatuh? akankah anda membantu seorang nenek tua turun dari bus kota? akankah anda mendorong mobil yang mogok? akankah anda membantu seorang tunawisma menyebrang jalan? akankah anda mengalah tempat duduk dengan kakek tua saat di kereta? akankah anda rela memberikan tempat duduk bis anda saat anda melihat seorang ibu hamil? akankah hati anda memberikannya? akankah hati anda tergerak untuk menolong orang lain meskipun diri anda tersakiti? 

mungkin anda yang berlebih materi, yang selalu dimanja orang tua. akan memandang semua masalah itu ringan. selalu bersikap acuh terhadap orang lain. karena anda tak pernah merasakan rasanya hidup dalam kekurangan. yang anda lakukan adalah minta, minta, minta.. selalu minta! tak ada usaha untuk mendapat apa yang anda inginkan. dengan demikian, hati anda akan terlatih untuk bergantung pada orang lain. 

di film 300, sebelum menjadi raja. sang pemuda dilepas dialam liar. mengapa demikian? supaya ia mengerti bagaimana sulitnya kehidupan, bagaimana bertahan dalam kesendirian, bagaimana ia mengalami kesengsaraan ditiap malamnya. dan saat ia kembali dan diangkat menjadi raja, ia tak akan membiarkan rakyatnya miskin.. karena ia tau rasanya menjadi orang yang tak punya.

jadi semakin anda merasakan masalah-masalah dikehidupan anda, hati anda akan semakin kuat. tiap kejadian didunia ini pasti memiliki alasan. bukan serta merta terjadi begitu saja. percayalah bahwa semua yang terjadi adalah kebaikan untuk anda.

di akhir post, saya akan memberikan sebuah kata-kata. saya pernah membacanya, namun lupa detailnya seperti apa. intinya seperti ini :
"SAYA MENOLONG BUKAN KARENA SAYA ORANG YANG MEMILIKI, NAMUN SAYA MENGERTI BAGAIMANA RASANYA MENJADI ORANG TAK PUNYA."

Jumat, 22 Agustus 2014

sahabat

pengen ngepost tentang sahabat.. karena entah kenapa, tadi malem mimpi ketemu sahabat-sahabat......

tiap orang pasti memiliki sahabat, atau mungkin orang yang "dianggap" sahabat.. tau kan perbedaannya?

prinsip saya.. sahabat ituuuu..... DIATAS CINTA, DIBAWAH KELUARGA.
maksudnya DIATAS CINTA, saya lebih mementingkan urusan persahabatan saya daripada urusan cinta. karena saya sudah lebih dulu "jatuh cinta" pada sahabat saya, dibanding pujaan hati saya. dan juga..... saat saya jatuh terpuruk karena pujaan hati, sahabatlah yang membantu saya untuk bangkit.

maksudnya DIBAWAH KELUARGA. sesayang-sayangnya saya pada sahabat saya, saya akan selalu memilih keluarga dibanding sahabat. yaa.... sudah pasti sih kalo yang ini heehehe jadi gaperlu di bahas panjang-panjang

sahabat ituu... penyejuk disaat terik, penghangat disaat hujan..
nyaman, tentram, bahagia.. rasa yang selalu ada saat berkumpul bersama. meskipun kadang ada perselisihan, debat, atau hal-hal lain yang membuat bertengkar. ya itu lah manusia, kalau ga ada masalah maka pikiran kita ga akan berkembang.

mungkin orang sering beropini kalau sahabat itu orang yang 'dekat', sering berduaan, sering kongko bareng, atau sekedar sering mention-mentionan di twitter..
tapi opini saya berbeda, sahabat itu orang yang bersejarah dalam hidup saya. yang punya ruang tersendiri dihati saya. orang yang pernah menjadi obat dari kegundahan hati.
orang yang dipanggil "eh bangsat" dan menjawab "ape anjing" dengan senyum lebar.

memang bahagia berada disekitar orang-orang yang berarti dikehidupan anda, para "sahabat-sahabat" anda. namun ada saatnya, anda akan berpisah dengan orang-orang berarti dalam hidup anda. mungkin saat awal anda berpisah, masih bisa bertemu walau seminggu sekali.. janjian di mall, makan bareng, kumpul di sekolah lama.. namun lama-kelamaan pasti ada aja kesibukan baru yang ngebuat intensitas pertemuan anda dengan sahabat anda berkurang. entah sibuk OSIS, LATIHAN SAMAN, KERJA KELOMPOK, latihan basket......................................... dan lain lain. pasti ada!

rasa pengen ketemu... pasti ada! selalu ada...
karena terkadang.. saat anda merenung dikegelapan malam.. mungkin anda teringat bahwa dahulu betapa bahagianya saat anda bersama mereka, para sahabat anda. bercanda tawa, bersenda gurau bersama. lupa waktu, lupa tempat.. anda seperti.. bukan anda.

intinya adalah. jangan sia-siakan orang yang dekat dengan anda, selagi masih bisa anda temui dengan mudah. sayangi orang dengan tulus, tanpa pamrih, tanpa mengharapkan balasan. meskipun terkadang perasaan yang tak terbalas itu menyakitkan. jadikan saja itu sebagai pelajaran hidup, sebagai penguat hati..

diakhir tulisan ini, saya akan mencoba untuk berkata-kata.
"cinta datang dan pergi, namun sahabat... akan selalu dihati"

Minggu, 17 Agustus 2014

kepedulian..

assalamualaikum wr. wb.

"tak perlu menjelaskan tentang dirimu pada siapapun. karena yang menyukaimu tidak membutuhkannya. dan yang membencimu tidak akan mempercayainya." - ali bin abi thalib

dari katakatanya ali, saya jadi tertarik buat ngepost kepedulian orang terhadap sesama. rada ga nyambung sih, tapi gapapa lah..

selama saya hidup, ada sebuah misteri yang belom bisa saya jawab sampe sekarang. semakin anda peduli kepada seseorang, semakin orang itu bosan dengan kepedulian anda, kenapa? mungkin diawal anda peduli kepadanya, dia akan peduli kembali. namun apakah kepedulian itu akan selalu ada selamanya?
orang yang bisa 'dengan bangga' saya katakan sebagai "teman baik". yang selalu ada..
teman yang selalu bilang "udah, pake motor gue aja. nih kuncinya." "dimane lo? bosen nih gue. cabut lah kemane yok." "besok sma A pensi nih, dateng ga lo? dateng aje sini ama gue."
orang yang peduli.. orang yang setia dengerin cerita anda, kepedihan anda..
orang yang ga pernah bosen dengerin cerita hidup anda, orang yang satu tujuan dengan anda.
orang yang "TAK PERNAH LELAH" mempedulikan anda. yang selalu ada.

mungkin saya sudah mendapatkan, teman sejati.. mungkin saja
tapi siapa yang tau apakah mereka yang saya anggap teman sejati atau bahkan saya anggap saudara sendiri. peduli terhadap saya?
yah, entahlah. saya tidak terlalu memikirkan orang lain peduli terhadap saya atau tidak. saya hanya berusaha untuk berlaku baik kepada sesama. dibalas ataupun tidak, yang terpenting saya sudah berusaha untuk menjadi baik..

mungkin orang-orang mendefinisikan kata orang "baik" dengan arti : pintar, mudah bergaul, suka memberi, tidak berkata kotor, rajin ibadah, selalu peringkat 1, ikut ekskul rohis.
namun pandangan saya berbeda, menurut saya orang baik itu.. ORANG YANG PEDULI
peduli akan kehidupannya, masa depanya, orang disekitarnya, perasaannya...
lebih baik berteman dengan si perokok, si bajingan, si pemalas, si jelek. asal mereka peduli, mereka care terhadap kehidupan anda. maka mereka tak akan berbuat jahat kepada anda
daripada berteman dengan si pintar, si tampan, si rajin, si rupawan. tapi mereka egois. hanya memikirkan kepentingannya sendiri. YANG HANYA INGIN BERTEMAN DENGAN ORANG-ORANG PINTAR LAINNYA, DAN TAK PEDULI DENGAN SI BODOH. 

the point is, jangan selalu mandang orang dari penampilan luar. sebelum menilai seseorang, kenal lah dia lebih jauh lagi.

karena orang jahat itu, ga selamanya jahat. dan orang baik itu, ga selamanya baik.
maksudnya adalah. sejahat-jahatnya manusia, apabila ia menemukan "seseorang yang tepat" maka ia akan berubah menjadi orang paling baik kepada anda. anda yang menjadi pelengkap hidupnya. yang menjadi alasan mengapa ia tersenyum dengan ikhlas, yang menyejukkan hatinya.

namun sebaik-baiknya manusia, apabila ia menemukan "pengganggu kehidupannya". maka ia akan menjadi orang paling jahat kepada anda. anda yang selalu membuatnya risih, anda yang selalu menghinanya, anda yang membuat pandangan orang jelek terhadapnya. jangan harap kebaikan yang ia miliki, ia curahkan kepada anda. hanya kebencian yang akan anda terima darinya..

berlaku baiklah kepada sesama. meskipun mereka yang menerima kebaikan anda, tidak berlaku baik kepada anda. bersabarlah. karena sesungguhnya kesabaran itu tak ada batasnya.
percayalah bahwa Allah akan memberi balasan yang terbaik, balasan kepada anda yang berlaku baik kepada sama. Allah pasti akan memberikan manusia-manusia yang anda butuhkan di kehidupan anda. orang-orang yang selalu membuat anda tersenyum. 
mungkin anda belum menemukannya? bersabarlah, dan percaya bahwa Allah peduli kepada anda. atau anda sudah menemukannya, namun belum menyadarinya? Wallahualam. yang paling tau kehidupan anda, ya cuma anda. namun yang tau apa yang terbaik untuk anda hanya Allah SWT.

saya akhiri post ini dengan kata-kata..
"karena terkadang, yang kamu benci belum tentu buruk. pun yang kamu suka belum tentu baik" - @psikologiID

wassalamualaikum wr. wb

Sabtu, 20 Oktober 2012

perenungan hidup

Betapa besarnya nilai uang kertas senilai Rp.100.000 apabila dibawa ke masjid untuk disumbangkan; tetapi betapa kecilnya kalau dibawa ke Mall untuk dibelanjakan!

Betapa lamanya melayani Allah selama lima belas menit namun betapa singkatnya kalau kita melihat film.

Betapa sulitnya untuk mencari kata-kata ketika berdoa (spontan) namun betapa mudahnya kalau mengobrol atau bergosip dengan pacar / teman tanpa harus berpikir panjang-panjang.

Betapa asyiknya apabila pertandingan bola diperpanjang waktunya ekstra namun kita mengeluh ketika khotbah di masjid lebih lama sedikit daripada biasa. Betapa sulitnya untuk membaca satu lembar Al-qur’an tapi betapa mudahnya membaca 100 halaman dari novel yang laris.

Betapa getolnya orang untuk duduk di depan dalam pertandingan atau konser namun lebih senang berada di saf paling belakang ketika berada di Masjid

Betapa Mudahnya membuat 40 tahun dosa demi memuaskan nafsu birahi semata, namun alangkah sulitnya ketika menahan nafsu selama 30 hari ketika berpuasa.

Betapa sulitnya untuk menyediakan waktu untuk sholat 5 waktu; namun betapa mudahnya menyesuaikan waktu dalam sekejap pada saatterakhir untuk event yangmenyenangkan.

Betapa sulitnya untuk mempelajari arti yang terkandung di dalam al qur’an; namun betapa mudahnya untuk mengulang-ulangi gosip yang sama kepada orang lain.

Betapa mudahnya kita mempercayai apa yang dikatakan oleh koran namun betapa kita meragukan apa yang dikatakan oleh Kitab Suci AlQuran.

Betapa setiap orang ingin masuk sorga seandainya tidak perlu untuk percaya atau berpikir,atau mengatakan apa-apa,atau berbuat apa-apa.

Minggu, 30 September 2012

orang indonesia miskin? kata siapa?

yap, banyak orang bilang orang indonesia miskin. apa buktinya? pendapatan perkapita kecil? haha, gue punya beberapa fakta tentang post ini!

1. kalo orang indonesia miskin, kenapa makin hari makin macet? macet = banyak kendaraan. kalo misalnya miskin, ga bakal punya kendaraan dong? PIKIR!

2. kalo orang indonesia miskin, kenapa daftar haji aja ngantrinya 5 tahun? kalo setahun indonesia kira-kira 200rb jamaah haji. berarti, apa bukti orang indonesia miskin? PIKIR!

3. kalo orang indonesia miskin, kenapa duit kas negara diambilin tapi hukumannya ga imbang? kalo emang bener miskin, duit udah dikit terus diambil. kenapa ga marah? berarti indonesia itu kaya ya? PIKIR!

4. kalo orang indonesia miskin, tapi tukang pijit deket rumah gue bisa naik haji? tukang pijit naik haji.. tuukang pijitnya indonesia aja bisa naik haji, berarti orang indonesia kaya dong? PIKIR!

5. kata siapa orang indonesia miskin, tapi kenapa pengemis penghasilannya gede? jadi gini, itung lah lampu merah 60 detik sekali, dan setiap lampu merah pengemis minimal dapet 2k, jadi 1 jam dia ngemis (2k x 60) 120.k!! dia kerja 10 jam sehari, 1 jam istirahat. SO, 120k x 9 = Rp. 1.080.000,00!! itu sehari, coba itung lagi untuk sebulan ~> 1.080.000 x 30 = 32.400.000!! om gue S2 di UI gajinya ga sampe tuh segitu. so, apa buktinya orang indonesia miskin. ngemis aja bisa jadi kaya? PIKIR!

so, ngapain malu jadi orang indonesia. 5 fakta itu hanya segelintir dari faktafakta lainnya (?) sip. assalamualaikum :D

Minggu, 22 April 2012

KISAH KOPI DAN GARAM

Seorang pria bertemu dengan seorang gadis di sebuah pesta, si gadis tampil luar biasa cantiknya, banyak lelaki yang mencoba mengejar si gadis. Si pria sebetulnya tampil biasa saja dan tak ada yang begitu memperhatikan dia, tapi pada saat pesta selesai dia memberanikan diri mengajak si gadis untuk sekedar mencari minuman hangat. Si gadis agak terkejut, tapi karena kesopanan si pria itu, si gadis mengiyakan ajakannya.

Dan mereka berdua akhirnya duduk di sebuah coffee shop, tapi si pria sangat gugup untuk berkata apa-apa dan si gadis mulai merasa tidak nyaman dan berkata, “Kita pulang aja yuk…?”.

Namun tiba-tiba si pria meminta sesuatu pada sang pramusaji, “Bisa minta garam buat kopi saya?” Semua orang yang mendengar memandang dengan ke arah si pria, aneh sekali! Wajahnya berubah merah, tapi tetap saja dia memasukkan garam tersebut ke dalam kopinya dan meminumnya.

Si gadis dengan penasaran bertanya, “Kenapa kamu bisa punya hobi seperti ini?”

Si pria menjawab, “Ketika saya kecil, saya tinggal di daerah pantai dekat laut, saya suka bermain di laut, saya dapat merasakan rasanya laut, asin dan sedikit menggigit, sama seperti kopi asin ini. Dan setiap saya minum kopi asin, saya selalu ingat masa kanak-kanak saya, ingat kampung halaman, saya sangat rindu kampung halaman saya, saya kangen orang tua saya yang masih tinggal di sana.”

Begitu berkata kalimat terakhir, mata si pria mulai berkaca-kaca, dan si gadis sangat tersentuh akan perasaan tulus dari ucapan pria di hadapannya itu. Si gadis berpikir bila seorang pria dapat bercerita bahwa ia rindu kampung halamannya, pasti pria itu mencintai rumahnya, perduli akan rumahnya dan mempunyai tanggung jawab terhadap rumahnya. 

Kemudian si gadis juga mulai berbicara, bercerita juga tentang kampung halamannya nun jauh di sana , masa kecilnya, dan keluarganya. Suasana kaku langsung berubah menjadi sebuah perbincangan yang hangat juga akhirnya menjadi sebuah awal yang indah dalam cerita mereka berdua.

Mereka akhirnya berpacaran. Si gadis akhirnya menemukan bahwa si pria itu adalah seorang lelaki yang dapat memenuhi segala permintaannya, dia sangat perhatian, berhati baik, hangat, sangat perduli … 

betul-betul seseorang yang sangat baik tapi si gadis hampir saja kehilangan seorang lelaki seperti itu!

Kemudian cerita berlanjut seperti layaknya setiap cerita cinta yang indah, sang putri menikah dengan sang pangeran dan mereka hidup bahagia selamanya, dan setiap saat sang putri membuat kopi untuk sang pangeran, ia membubuhkan garam di dalamnya, karena ia tahu bahwa itulah yang disukai oleh pangerannya.

Setelah 40 tahun menikah, si pria meninggal dunia, dan meninggalkan sebuah surat yang berkata, 

“Sayangku yang tercinta, mohon maafkan saya, maafkan kalau seumur hidupku adalah dusta belaka. Hanya sebuah kebohongan yang aku katakan padamu … tentang kopi asin.”

Ingat sewaktu kita pertama kali jalan bersama? Saya sangat gugup waktu itu, sebenarnya saya ingin minta gula tapi malah berkata garam. Sulit sekali bagi saya untuk merubahnya karena kamu pasti akan tambah merasa tidak nyaman, jadi saya maju terus. 

Saya tak pernah terpikir bahwa hal itu ternyata menjadi awal komunikasi kita! Saya mencoba untuk berkata sejujurnya selama ini, tapi saya terlalu takut melakukannya, karena saya telah berjanji untuk tidak membohongimu untuk suatu apa pun.

Sekarang saya sekarat, saya tidak takut apa-apa lagi jadi saya katakan padamu yang sejujurnya, saya tidak suka kopi asin, betul-betul aneh dan rasanya tidak enak. 

Tapi saya selalu dapat kopi asin seumur hidupku sejak bertemu denganmu, dan saya tidak pernah sekalipun menyesal untuk segala sesuatu yang saya lakukan untukmu. 

Memilikimu adalah kebahagiaan terbesar dalam seluruh hidupku. Bila saya dapat hidup untuk kedua kalinya, saya tetap ingin bertemu kamu lagi dan memilikimu seumur hidupku, meskipun saya harus meminum kopi asin itu lagi.

Air mata si gadis betul-betul membuat surat itu menjadi basah. Kemudian hari bila ada seseorang yang bertanya padanya, apa rasanya minum kopi pakai garam? Si gadis pasti menjawab, “Rasanya manis.”

Kadang anda merasa anda mengenal seseorang lebih baik dari orang lain, tapi hanya untuk menyadari bahwa pendapat anda tentang seseorang itu bukan seperti yang anda gambarkan. Tambahkan Cinta dan Kurangi Benci karena terkadang garam terasa lebih manis daripada gula.